Sunday, October 13, 2019

Beginilah Efek Digital Marketing di Indonesia


Efek DigitalMarketing di Indonesia Terhadap Pemasaran dimana digital marketing adalah bentuk pemasaran masa depan yang lebih efisien dengan biaya lebih rendah. Pada era digital ini, dimana semua hal terhubung melalui hal ajaib bernama internet, banyak hal yang berubah. Meeting yang tadinya harus dilakukan dengan bertemu muka sekarang bisa dilakukan melalui video call atau video conference. Begitu juga dengan berkomunikasi dengan teman Anda yang jauh jaraknya, bila Anda dulu harus menggunakan surat yang tidak jelas kapan sampainya, sekarang teman Anda hanya berjarak pesan singkat yang tinggal dikirim melalui social messenger pilihan.

Sama halnya dengan dunia bisnis, era digital secara langsung maupun tidak langsung menggeser teknik pemasaran dan menuntut para pebisnis untuk mengikuti perkembangan zaman. Disinilah, teknik pemasaran bernama digital marketing diperkenalkan. Digital marketing sendiri adalah cara marketing untuk sebuah brand atau produk menggunaan media digital. Dibandingkan dengan conventional marketing yang membutuhkan usaha lebih banyak, digital marketing jauh lebih digandrungi sekarang ini karena dapat menjangkau seluruh belahan dunia dengan hanya bermodalkan internet.

  Dalam hal ini, digital marketing mempengaruhi pangsa pasar dalam beberapa aspek:

Biaya : Dibandingkan dengan pemasaran di dunia nyata, pemasaran lewat digital relatif lebih irit dalam hal biaya. Hal ini dikarenakan kita hanya perlu membayar biaya posting iklan, desain, atau bentuk penawaran melalui internet.
Produk : Dengan semakin berkembangnya zaman, produk sekarang tidak lagi terikat, misalnya dalam hal bentuk. Sesuatu yang tidak mempunyai bentuk fisik pun bisa diperjual belikan di dunia digital, misalnya e-book (buku digital), software, ide, dan lain sebagainya.
Promosi : Menggunakan internet, kita dapat lebih mudah untuk menargetkan pangsa pasar yang kita incar, misalnya untuk negara tertentu, komunitas yang mempunyai hobi spesifik, atau kalangan umur tertentu. Hal ini ditunjang dengan tidak perlunya kita mengeluarkan biaya transport untuk melakukan survey, cukup memakai survey secara online atau menggunakan yang sudah dibuat oleh orang lain.
Pengaruh Orang Lain: Sudah menjadi hal umum yang diketahui banyak orang, jika teman atau keluarga adalah salah satu pengaruh terbesar dalam membeli sesuatu. Namun dengan hadirnya blog, kita dapat dengan lebih mudah mencari referensi akan suatu produk atau mencari tahu tentang produk sebelum membelinya, sehingga memudahkan promosi.

Bisa dikatakan kalau digital marketing adalah bentuk pemasaran masa depan. Bagaimana tidak, dengan lebih efisiennya pemasaran, biaya yang relatif lebih rendah, dan banyak keuntungan lainnya, bukan hal yang aneh bila akan ada semakin banyak perusahaan yang bergeser ke bidang digital. Salah satu contoh nyatanya adalah semakin tidak diminatinya koran, karena sekarang segala jenis informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. Koran yang mempunyai bentuk fisik pun terasa ribet, misalnya dari segi biaya, karena perlu ada biaya distribusi, biaya percetakan yang tidak sedikit, biaya maintenance mesin, dan lainnya. Sedangkan artikel digital tidak memerlukan biaya diatas, sehingga tidak sedikit bisnis percetakan yang kemudian ikut menggeluti dunia digital, misalnya Kompas yang ikut membuat website untuk membuat artikel dan berita secara online.

http://itechcourse.com


No comments:

Post a Comment

Fitur-fitur terbaru dari Pemasaran Media Sosial

Pemasaran dengan media sosial membuat dampak yang signifikan terhadap strategi pemasaran sebuah perusahaan. Pemasaran semacam ini secara b...